DilahFadilah

Nur Fadilah

Jumat, 26 Desember 2014

Sambil menyelam minum air. Ada tugas Jurnalistik, ngeliput berita nya pas jalan-jalan ke Mekarsari :D

TAMAN WISATA MEKARSARI

 Mau mencari tempat wisata keluarga yang asri plus pulang membawa oleh-oleh segar meriah dan ramah di kantong? Mungkin jawabannya ada di Taman Wisata Mekarsari di wilayah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Saat liburan panjang akhir tahun ini tepat nya tanggal 24 Desember 2014, saya bersama rekan-rekan ada waktu sekadar melepaskan kepenatan dengan mencari lokasi wisata yang mampu membuat rileks. Pilihannya adalah ke Puncak. Tetapi, mengingat long weekend yang bisa dipastikan bakal macet bahkan bisa jadi jalan ditutup, akhirnya kami menyepakati berkunjung ke Mekarsari. Sebetulnya taman ini sudah ada sejak era Orde Baru yang digagas almarhum Ibu Tien Soeharto, yang kala itu bernama Taman Buah Mekarsari. Namun, seiring pekembangan dan perubahan era politik di negeri tercinta ini, nama lokasi wisata itu diubah menjadi Taman Wisata Mekarsari. Keberadaannya yang sudah lebih dari satu dasawarsa itu membuat objek wisata seluas 265 hektare ini mulai berbenah. Sarana-sarana pendukungnya terus dikembangkan. Cuma sayangnya promosi wisatanya masih kurang digeber lagi karena nyaris tak terdengar.
            Untuk dapat memasuki tempat wisata Taman Wisata Mekarsari, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan anak-anak, baik saat weekday maupun weekend. Anda dapat melihat lihat koleksi tumbuhan disini dengan menaiki kereta keliling dengan membeli tiket sebesar Rp10.000. Namun, Anda harus bersabar apabila terjadi antrian yang cukup panjang. Sewaktu dalam perjalanan untuk melihat lihat koleksi koleksi tumbuhan, Anda tidak akan bertanya-tanya tentang keunggulan dari tumbuhan yang Anda lihat, karena ada keterangan dari pemandu wisata yang akan memberikan keterangan tentang keunikan buah dari tumbuhan tersebut.
Setelah Anda turun dari kereta keliling, Anda akan melihat kawasan outbound. Jadi, untuk Anda yang suka memacu adrenalin, kawasan ini patut Anda coba. Selain kawasan outbound ini, terdapat juga danau tempat Anda dan keluarga bisa menikmati berlayar dengan perahu dayung ataupun perahu boat. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana dengan pasangan, Anda dapat menyewa perahu bebek. Sehingga suasana akan terasa romantis bukan?

Ada juga jembatan gantung yang terdapat di atas danau tersebut. Anda dan teman-teman Anda dapat berfoto diatas jembatan ini dengan latar belakang yang Anda jarang temui di Jakarta. Untuk menikmati pemandangan danau dan sejuknya sepoian angin tersedia pondokan secara gratis. Kalau tidak kebagian, ada sewa tikar. Fasilitas MCK dan musola juga tersedia sehingga pengunjung bisa berlama-lama menikmati pemandangan di sana. Ternyata Mekarsari ini tidak cuma nyuguhin buah-buahan, ada juga tempat bermainnya, Setelah puas menikmati semua ini, kami kembali menuju tempat awal menaiki kereta. Sebelum pulang, tak lupa membeli suvenir sebagai oleh-oleh juga buah-buahan yang murah meriah. Jeruk, belimbing, kelengkeng, salak, anggur, dan nangka, dijual mulai sepuluh ribu sampai dua puluh ribu per kilo. Siapa yang tak tergiur untuk memborong. Jangan lupa juga memasuki kawasan Garden Paradiso. Tempat ini menjual koleksi bonsai dan dijual dengan harga yang terjangkau. Jadi, untuk Anda yang suka dengan tumbuhan, cobalah untuk menikmati liburan dengan mengunjungi Taman Wisata Mekarsari. SELAMAT LIBURAN … :) 

 


 




                                                                                                Nur Fadilah
                                           201221500446






Tidak ada komentar:

Posting Komentar