DilahFadilah

Nur Fadilah

Minggu, 01 Maret 2015

Azis Hartanto


Nama nya Azis Hartanto, Biasa di panggil Azis. Tapi Azis suka ganti-ganti nama gitu, kadang namanya Gervil kadang diganti jadi Gani. Yaaa nama nya juga anak kecil. Baru kelas 1 SD. Masih polos tapi suka aneh, aneh nya ya gitu… bikin alasan gak mau belajar. Alesan nya itu loh, yang bikin gue jadi geli dan kesel sendiri. Kurang lebih 3 bulan nemenin Azis belajar. Seminggu 3 kali gue dateng ke rumahnya. Azis biasa panggil gue kaka dila, dengan suara cempreng nya itu dia kalau lagi belajar pasti adaaaa aja yang di ceritain, entah itu cerita tentang sekolahnya, kartun kesukaannya, keluarganya, mainannya, dan lain-lain. Feeling gue sih, Azis ini anggap gue sebagai teman curhat nya bukan sebagai guru privat nya. Abis apa aja di ceritain. hehe
Baru-baru ini alesan nya gak mau belajar bikin gue geli sendiri, yang biasanya dia selalu alesan “kaka dila, badan aku  anget, mata aku pusing, aku cape, belajar nya sebentar aja yah. Nih pegang aja leher aku anget kan?”  ngomong kaya gitu sambil narik tangan gue, jadi suruh megang leher nya. Iya sih lehernya anget, namanya orang hidup ya anget lah. Malah kata mbah nya "Ahh dia mah dil, kesilitan juga badannya jadi anget" Pernah juga ditinggal tidur sama Azis padahal keadaannya masih belajar.  Seminggu yang lalu bukan kaya gitu alasannya. Kali ini dia mengkambing hitam kan sesuatu untuk alasan dia yang gak mau belajar. Kadang gue mikir, ni anak udah bosen kali yah belajar sama gue, abis alesan nya banyak. Tapi kata keluarganya suka nanyain. Dan kalau gue pulang dari rumahnya juga si Azis ini seakan tidak ingin melepas kepergian gue. Jiahhhh hahaha.
Jumat 20 Februari 2015
“Assalamualaikum…. bu, Azis…” Salam sama panggilan gue terabaikan. Tapi tiba-tiba dari dalam ada si Azis yang lari kenceng terus narik tangan gue buat ke dalem sambil ngomong “Aku punya ayam baru loh, udah aku namain. Sini liat” Masuk lah gue sama Azis, iya bener ada ayam di kardus ditutupin sarung. “Kok di tutupin sarung si zis?” tanya gue penasaran. “Iya, takut dia lepas” jawab nya sambil membuka sarung nya sedikit. “Ohhh.. gitu, yaudah yuk belajar dulu” ajakan gue ternyata tak di hiraukan, dia masih asyik ngeliatin ayam baru nya aja, “Sabaaaaar” ucap gue dalam hati. “Iya sebentar, aku belum kasih tau kamu kan nama ayam nya siapa” Kata Azis. “Emang siapa nama nya?” tanya gue. “Nama nya Heli ka” jawab dengan ekspresi seneng banget. Pikir gue ini anak ayam apa anak anjing kok namanya heli. haha. Beberapa menit kemudian udah mulai buka buku, tapi ya tetep tuh si Heli di bawa-bawa sama kardusnya juga, bentar-bentar ngeliat heli, bentar-bentar ngeluarin heli. Tapi dia gak berani megang ayam nya itu, terpaksa gue yang ngembaliin tuh anak ayam ke kardus. Padahal gue juga takut megang nya karena lembek anget-anget gitu, ihh geli deh pokoknya. Tapi gimana lagi, gak ada pilihan lain di situ cuma ada gue sama Azis doang. Tiga kali gue megang ayam terus mindahin ke kardus nya lagi, karena udah rada-rada kesel gue pindahin aja tuh kardus beserta heli nya ke dalem. Biar dia konsen belajar nya. Tapi usaha gue percuma, dia balik lagi kedalem ngambil ayam nya. Dan pada akhirnya dia bilang ke gue kaya gini “kaka dila, si heli badan nya panas. Kasian kalau gak di jagain, belajar nya udahan aja” terus dia bikin kipas-kipasan dari kertas selembar dan dikipasin tuh anak ayam. Itu ayam badan nya panas kata nya terus di kipasin. Ya Allah Azis ada-ada aja alasannya. Denger alesannya yang kaya gitu gue jadi geli-geli banyak dan kesel-kesel dikit. Hahah apasih.. Yaudah gue memutuskan untuk pulang dari rumahnya.


Senin, 23 Februari 2015
Dateng seperti biasa, dirumah ya biasa cuma ada Azis dan mbah nya. Pas gue buka tas nya ternyata ada PR, tapi gak ada pensil nya. Ditempat pensil gue juga lagi gak ada pensil biasanya selalu ada tapi gak tau tuh kemana pensil. Alhasil ya gue sama Azis beli dulu ke toko terdekat. Azis nya gue bonceng, dia duduk di belakang terus pegangan kenceng banget. Takut jatoh kali ya. hhe. Sampai di toko ehh hujan deras banget, jadi ya kita nunggu hujan berhenti dulu. Jiahhhelahhh so swett banget ujan-ujan berduan hahaha. Hujan nya udah mulai reda “Yuk zis, kita pulang, nih kamu pake jaket kakak yah, kepalanya ditutupin!” kata gue sambil ngasih jaket ke Azis. “Kamu aja yang pake, nanti kamu pilek kalau kena hujan” Widihh azis kalau begitu laki banget hahaha. Tapi tetep gue suruh Azis yang pake jaket itu, gaya-gayan aja anak ini nyuruh balik gue pake jaket takut gue pilek. Sudah sampai rumah, lanjut ngerautin pensil, terus nulis. Seneng deh pokoknya kalau Azis mau nulis, beberapa menit kemudian kembalilah dia membuat alasan, tapi kali ini dia tidak banyak bicara. Hanya beraksi dengan cara merauti pensil, setelah pensil nya tajam dia patahi di lantai, habis itu di rautin lagi. Begitu seterusnya sampai pensil panjang nya setelunjuk. Bayangin, setelunjuk !!


Rabu, 25 Februari 2015
Setengah 17.40  gue sampai rumah Azis, Keadaannya dia lagi berdiri tapi pakai seprei kotor. Di libet-libet dibagian celana nya. “Azis kok pakai sarung sih?” tanya gue. “Ini bukan sarung, ini seprei kotor” Jawab Azis. Gue tanya “kenapa kok pakai seprei ? buka de, gatel tau” eh dia malah jawab gini “Celana aku bolong, aku malu” Oke, alasan bisa gue terima. Belajar dimulai, masih menggunakan Seprei yang di libet-libet dengan posisi duduk kaki nya berselonjor diatas karpet merah. Sesekali gue suruh buka, tapi dia tetep aja gak mau buka. Habis gue ribet ngeliat nya. Tapi ada yang aneh di setiap kali dia pindah posisi, ada bau yang gak asing gue cium. Bau pup alias bau ee. Disitu gue mulai curiga jangan-jangan ni anak pup di celana. “Azis ee ya?” gue langsung tanya kaya gitu, tapi dia jawab enggak sambil geleng-geleng. Buru-buru gue lapor sama tante nya yang ada didalem bilang kaya nya Azis pup. Tapi tante nya bilang engga, yaudah gue lanjut lagi belajar sama Azis. Tumben banget sih, hari ini Azis gak bikin alasan yang engga-engga dan gak banyak gerak juga. Udah jam 7 malem gue beres-beres dan menyudahi belajar, gue suruh Azis bangun dari karpet tapi dia gak mau, dia tetep duduk gak bergerak. “Zis, bangun! kakak mau gulung karpet nya” Tapi dia gak mau gue gulung karpet nya, dia malah bilang gini “Gak usah di gulung, nanti mbah aku aja yang gulung. Kamu pulang aja” Tapi gue tetep mau gulung karpet itu, karena gue yakin Azis pasti pup. Gue paksa-paksa Azis mau juga bangun dari karpet tanpa melepas seprei yang ada di bagian celananya. Pas dia bangun bau itu muncul lagi. Hemmm dugaan gue bener ni anak pup di celana. -_-Pas pamit gue bilang lagi ke tante nya "ka, kaya nya bener deh Azis pup. Coba deh di liat" Pas tante nya liat, gue pulang.... :D



Sabtu, 28 Februari 2015
Kali ini les nya sabtu, karena jumat nya si Azis tidur, terus dibangunin jadi ngambek jadi gak les. Pulang kuliah gue langsung cus ke rumah Azis, gue sampai dia lagi diatas asyik main game boboboy. Sekitar 10 menit dia main game, pikir gue yaudah gak apa-apa main game dulu baru belajar toh gue juga masih pegel banget baru pulang kuliah. Terus tiba-tiba Bapaknya Azis dateng, langsung ambil handpone nya. "Pinjem dulu ya hp nya, Azis belajar dulu. Bapak mau ambil mobil dulu, nanti kita ke monas yah" kata Bapak nya Azis. Mata Azis langsung berkaca-kaca dan berkata "Gak mau belajar, aku cape" tangan nya dilipat di dadanya. "Lhooo cape ? perasaan tadi main game gak keliatan cape, tapi pas handpone nya diambil bilang cape. Haduhhhh capean juga kakak Zis, dari Pasar Rebo langsung ke Clincing demi Azis". Dalam hati gue ngomong nya, hehe. Gue rayu-rayu, gue ajak ngobrol tapi tetap begitu, terus dia bilang "Aku mau jajan" Yaudah sana jajan dulu, abis jajan belajar yah... gue suruh gitu eh dia nyuruh balik, gue yang di suruh ke warung. Oke gue turutin, gue ke warung terus jajan buat dia. Balik dari warung dia malah protes, "Aku gak mau itu, aku mau nya nabati 4". "Gak ada sayang nabati nya, udah itu aja yah!" Selesai debat makanan, belajar dimulai, belajar sambil makan. Gak apa-apa yang penting dia mau belajar. Disela-sela belajar dia asyuk nepokin nyamuk dan matiin semut yang di lantai. Gue liatin aja, semakin diliatin semakin banyak aksi nya nepokin nyamuk dan matiin semut nya sambil bilang "Aku ngancuriin nyamuk dan semut nya dulu ya, biar dia gak jahatin kamu" Zzzzzzzzzzzzzttttt tepok jidat X_X Terpengaruh sama game, bahasa nya jadi gitu. Semut aja di hancurin.

Segitu aja dulu cerita tentang Azis nya. Hehehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar